Membangun Pabrik Air Minum Dalam Kemasan dengan Skala Kecil

air minum dalam kemasan

Dahulu masyarakat biasa memperoleh air minum dari hasil memasak air yang didapatkan dari rumah. Namun masyarakat saat ini lebih biasa membeli air minum dalam kemasan daripada mengolahnya sendiri.

Inilah yang menyebabkan bisnis Air isi ulang kini kian menjamur. Bisnis ini bisa memberi penghasilan lumayan. Mulai dari jutaan rupiah hinga puluhan juta per bulan.

Untuk anda yang ingin mulai membangun pabrik air minum dalam kemasan dengan skala kecil, ini bisa menjadi ide sempura untuk bisnis anda. Apalagi jika anda berdomisili di tengah kota dimana masyarakat lebih membutuhkan air minum sehat untuk dikonsumsi.

Masyarakat perkotaan pada umumnya terbiasa untuk mengonsumsi air minum dalam bentuk kemasan sehari-hari daripada mengolahnya sendiri dengan berbagai alasan.

Secara umum, bisnis depot isi ulang air galon dibagi menjadi tiga kelompok:

  1. Bisnis air isi ulang biasa. Air minum yang dijual biasanya tanpa merk atau menggunakan merk sendiri namun belum terkenal.
  2. Bisnis Air RO (reverse osmosis) yang biasa dijual dengan harga lebih mahal dari air isi ulang biasa karena proses produksinya yang memakan biaya sedikit lebih besar
  3. Bisnis air mineral bermerk. Misalnya Aqua, Vit, dan Cleo. Pengisian air dan perawatan gallon, semua dilakukan oleh pabrik yang bersangkutan, anda hanya tinggal memasarkan saja.

Alasan Bisnis Depot isi ulang air gallon sangat menjanjikan

Bisnis yang bersangkutan dengan bahan pokok kehidupan masyarakat akan selalu hidup. Khusus untuk bisnis satu ini ada beberapa penyebab kenapa bisnis ini punya prospek bagus dan menjanjikan

  1. Air minum merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat, terutama masyarakat daerah perkotaan yang kesulitan mendapat sumber air bersih layak konsumsi.
  2. Makin banyak kantor, pabrik, dan tempat bekerja baru bermunculan. Air minum adalah kebutuhan wajib untuk para pekerja, sehingga keperluan AMDK akan terus meningkat.
  3. Banyak masyarakat yang tidak punya waktu untuk mengolah sendiri air minum untuk konsumsi sendiri, sehingga lebih memilih untuk membeli.
  4. Bahan baku air minum semakin susah didapat karena air sumur/air tanah/air ledeng di beberapa tempat berbau, berasa, atau berwarna sehingga tidak layak untuk konsumsi.
  5. Semakin banyak keluarga yang peduli dengan kualitas air minum

Keuntungan memulai depot isi ulang air galon

  1. Mendapat penghasilan Cash setiap hari
  2. mudah menjalankan bisnis yang satu ini
  3. bisa dijalankan di rumah atau di toko dengan lahan yang cukup kecil
  4. bisa dijadikan bisnis utama atau sampingan
  5. bisa dijalankan menggunakan bahan baku air PDAM / Sumur Bor / Air pegunugan

Jenis air yang bisa anda gunakan dalam bisnis isi ulang galon ini ada beberapa macam, diantaranya adalah

  1. Air mineral

Air mineral adalah air minum yang bersumber dari air baku PDAM, air pegunungan, atau air dari sumur bor yang proses penyaringannya menggunakan filtrasi pasir silika, kabron akif, filter catridge, kemudian disterilisasi menggnakan ultraviolet (UV).

  1. Air RO (reverse osmosis)

Air RO merupakan air minum yang disaring menggunakan mesin RO yang memiliki filter penyaringan yang sangat halus bernama filter membran RO. memiliki pori-pori berukuran 0,0001 micron sehingga menghasilkan air yang jernih karena hanya kandungan H2O saja yang bisa melewati filter membran RO. diklain mampu menurunkan TDS air hingga 90% dari TDS air baku yang digunakan.

  1. Air minum BIO Energy

Air minum bio enegry adalah air minum yang pada bagian akhir proses penyeringannya ditambahkan catridge bio energy. sementara air yang digunakan bisa menggunakan air mineral ataupun air RO.

Hal-hal yang perlu anda siapkan sebelum memulai bisnis Air Minum dalam kemasan

Jika anda tertarik mulai usaha yang satu ini, maka ada beberapa hal yang perlu anda siapkan sebelum memulai bisnis ini, antara lain:

  1. Modal

Siapkan modal yang anda perlukan untuk membangun depot isi ulang air gallon yag sesuai dengan kapasitas produksi yang ingin anda targetkan. Jumlah maksimal produksi akan menentukan harga paket anda.

  1. Ketersediaan sumber air

Pastikan anda mempunyai sumber air yang melimpah dan layak untuk konsumsi masyarakat, agar bisnis anda bisa berlajan setiap saat.

  1. Kapasitas produksi

Anda juga perlu memperhatikan kapasitas produksi pabrik anda perhari nya. Agar mesin yang beli bisa bekerja maksimal sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilihlah Mesin Produksi sesuai kebutuhan

Setelah memperhatikan ketersediaan air dan kapasitas produksi yang ingin anda hasilkan setiap  harinya. Anda sesuaikan mesin produksi anda yang sesuai dengan kebutuhan agar bisa menunjang target anda.

beberapa mesin produksi air minum kemasan yang biasa disediakan oleh supplier mesin yang ada di indonesia biasanya  menyediakan mesin dengan berbagai kapasitas produksi sebagai berikut:

  • mesin AMDK 10M3 / Jam
  • mesin AMDK RO 30.000 Liter / Hari
  • mesin AMDK 1 Doos / Jam
  • mesin AMDK 2 Doos / Jam
  • mesin AMDK 125.000 Liter / Hari
  • paket AMDK RO 40.000 Liter / Hari
  • paket AMDK RO 600M3 / Hari
  • paket AMDK RO 60M3 / Hari

mesin-mesin produksi tersebut memiliki kemampuan / kapasitas produksi yang berbeda-beda dan harga yang berbeda-beda tentunya. Jadi anda harus bisa memilih mesin dengan kepasitas yang sesuai dengan kebutuhan anda agar tidak membeli mesin kurang tepat dengan kebutuhan anda.

  1. Lokasi

Bisnis air minum dan depot isi ulang air gallon sangat dipengaruhi oleh lokasi, semakin strategis lokasi yang anda gunakan, semakin besar peluang keberhasilannya. Seperti di daerah perkotaan, apalagi dipinggir jalan raya.

  1. Ijin dinas kesehatan

Salah satu hal yang wajib anda siapkan adalah Ijin dan syarat yang harus dipenuhi untuk membangun bisnis ini, agar bisnis anda lancar, dan dipercaya konsumen

  1. Kunjungi yang sudah berpengalaman

Bertanyalah ke orang yang pernah berbisinis di bidang ini. Anda bisa belajar banyak hal dari orang yang sudah berpengalaman, agar anda bisa lebih mudah menjalankan bisnis ini.

Cara Menjalankan Bisnis Air Isi Ulang

Setelah mendirikan bisnis ini, tahap selanjutnya adalah menjalankan bisnis yang sudah anda bangun ini.

  1. Pertama tawarkan kepada calon konsumen secara langsung.
  2. Tempelkan juga hasil ijin dinas kesehatan supaya pembeli makin yakin.
  3. Buatlah spanduk yang besar, mencolok, dan mudah dibaca.
  4. Jika anda adalah pionir (orang pertama) yang berjualan air di tempat itu, anda harus menyediakan peminjaman galon gratis untuk pelanggan anda. Harga galon biasanya dianggap memberatkan mereka.
  5. Aktif dalam berpromosi, tetaplah bersemangat terutama dalam menjelaskan kualitas air anda kepada calon konsumen sehingga mereka tertarik menggunakan produk anda
  6. Hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga konsumen, seperti: Rajin membersihkan FRP anda, jangan sampai berlumut.
  7. Jagalah kualitas air minum.
  8. Antarlah pesanan secara cepat. Berikan jam kerja yang jelas untuk karyawan anda dan komunikasikan ke konsumen.

Nah, itulah beberapa Informasi penting yang bisa berguna bagi anda yang ingin mulai membangun pabrik air minum dalam kemasan dengan skala kecil seperti depot isi ulang air galon