Pilihan Cincin Tunangan Terindah

Dalam sebuah pertunangan, benda yang biasanya wajib ada adalah cincin. Ada banyak macam cincin tunangan terindah yang punya bahan pembuatan berbeda-beda. Dari bahannya ini, tentu saja kualitas cincinnya nanti juga berbeda-beda. Memilih cincin terbaik sudah menjadi tugas calon mempelai.

Umumnya orang mengenal perhiasan terbaik adalah yang dibuat dengan bahan dasar emas. Namun pada kenyataannya masih banyak bahan material lain yang kualitasnya ternyata lebih bagus dari emas. Maka sebagai orang yang akan melangsungkan pernikahan, pilih jenis cincin tunangan terindah.

Macam-macam Cincin Tunangan Terindah

Seperti yang diulas sekilas di atas, cincin yang digunakan untuk acara pertunangan memang ada beragam. Bahan atau materialnya pun dibuat dengan bermacam-macam kualitas.

Sebelum membeli cincin tunangan terindah, ada baiknya Anda perhatikan detail cincin tersebut. Berikut ini beberapa macam pilihan jenis cincin yang bisa diaplikasikan untuk momen berharga pertunangan Anda:

Cincin Emas Kuning

Seperti namanya, jenis cincin yang satu ini dibuat dengan bahan emas kuning dengan tampilannya yang juga berwarna kuning. Ada beberapa tradisi yang mana saat pertunangan, hanya pihak perempuan yang memakai cincinnya.

Sehingga cincin emas kuning ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang mencari cincin tunangan terindah. Namun ada juga yang pemakai cincin adalah kedua belah pihak calon pengantin.

Tak perlu risau, cincin emas kuning ini tetap bisa digunakan untuk pihak wanita. Sedangkan untuk pihak prianya bisa memakai cincin dengan material lain yang bagus. Sehingga kedua cincin akan tampak serasi meski berbeda bahan.

Apalagi saat ini pun sudah banyak sekali toko perhiasan yang menjual berbagai desain cincin tunangan unik sepasang, dengan bahan yang sesuai permintaan.

Dengan desain yang sama, cincin yang berbahan beda akan tampak tetap sama atau seragam. Contohnya seperti gambar berikut

Cincin Emas Putih

Jika sebelumnya Anda dikenalkan dengan jenis cincin emas berwarna kuning, maka kali ini Anda juga akan dikenalkan dengan cincin emas putih. Layaknya nama jenis cincin ini, warna tampilan cincin juga putih atau silver.

Biasanya warna cincin ini menjadi warna yang banyak diminati para calon pengantin. Meskipun berwarna putih, namun bahannya adalah emas dengan kualitas tinggi. Kelebihan jenis cincin ini diantaranya seperti:

  • Bahan emas putih untuk cincin ini punya ketahanan yang bagus dari resiko goresan.
  • Selain itu, cincin emas putih juga tidak mudah berubah bentuk karena punya tekstur yang kuat.

Hal ini juga karena ada bahan tambahan berkualitas yang biasanya dikombinasikan. Agar tetap terlihat bagus, cincin emas putih memang butuh perawatan rutin.

  • Terdapat lapisan rhodium untuk mempertahankan kilauan warna cantiknya. Cincin emas putih lebih cocok dikenakan oleh orang yang tidak punya gangguan reaksi alergi apapun. Hal ini karena emas putih punya kandungan nikel yang berpotensi pada reaksi alergi bagi kondisi kulit yang alergi pada nikel.

Dengan tampilan yang keren, cincin emas putih ini sangat cocok dipasangkan dengan beragam jenis cincin dari bahan berbeda dan berwarna putih. Jenis cincin ini juga sangat tepat untuk Anda yang tidak suka warna perhiasan mencolok.

Meskipun tidak mencolok, namun cincin emas putih ini akan tetap terlihat sangat berkelas saat dikenakan. Anda bisa kombinasikan cincin ini dengan jenis cincin palladium atau platidium.

Cincin Rose Gold

Untuk Anda yang suka dengan cincin berwarna unik, maka pilihan jenis cincin rosegold ini mungkin bisa jadi pertimbangan yang sangat tepat. Pasalnya warna cincin ini punya unsur pink layaknya bunga mawar dan warna emas kuningan yang menambah kilauan.

Warnanya berkilau indah dan bahannya adalah emas. Saat menjadi rangkaian cincin, cincin ini akan terlihat sangat feminim dan sangat glamour. Kombinasi warna gold dan rose nya menyatu dengan sempurna, membentuk cincin yang terlihat sangat berkelas.

Cincin ini lebih cocok digunakan untuk pihak wanita. Sedangkan pihak pria bisa menggunakan cincin jenis lain seperti Palladium untuk membuat tampilan cincin pasangan jadi lebih terlihat indah.

Dalam bahan cincin rosegold ini terdapat kandungan tembaga yang menjadikannya jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan emas jenis lainnya. Bahan dasar warnanya pun tak ada kandungan rhodium yang menjadikannya awet dipakai bertahun-tahun.

Palladium

Cincin palladium tergolong sebagai salah satu jenis cincin dengan kualitas terbaik.

Bagaimana tidak, cincin yang satu ini punya banyak kelebihan yang mungkin tak banyak dimiliki oleh bahan cincin lainnya. Kelebihan yang dimilikinya adalah sebagai berikut:

  • Cincin palladium punya sifat bahan yang sangat bagus. Sifat bahannya juga baik untuk kesehatan tanpa menyebabkan alergi pada kulit. Tak heran jika cincin palladium kerap kali dijadikan alternatif pilihan cincin nikah atau tunangan untuk para pria.

Para pria memang cenderung lebih sensitif mengalami gangguan kulit akibat perhiasan. Karenanya cincin palladium bisa jadi pilihan tepat.

  • Selain tahan terhadap alergi kulit, cincin palladium ini juga punya ketahanan yang amat bagus. Hal ini membuat cincin palladium bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya.

Ini juga yang menjadi faktor mengapa cincin tunangan atau nikah biasanya menggunakan bahan Palladium.

  • Bahan Palladium ini punya sifat yang mudah dibersihkan. Anda tak perlu ribet dengan rutin pergi ke toko perhiasan hanya untuk membersihkan cincin. Cukup lakukan di rumah dengan mudah karena bahannya yang mudah dibersihkan.
  • Bahan cincin palladium juga terbilang mudah dibentuk.

Cincin Platidium

Sekilas mendengar namanya, mungkin bagi orang awam cincin ini sama dengan Palladium. Namun kenyataannya, cincin platidium tentu berbeda dengan palladium. Platidium sendiri kerap dikenal dengan sebutan nama lainnya, yakni platinum. Cincin platidium tak kalah bagus dari cincin palladium.

Kelebihan yang dimilikinya juga tak kalah keren dari jenis cincin lain. Diantara beberapa keunggulan jenis cincin ini adalah:

  • Cincin ini punya warna silver yang sangat natural dan berkilau. Warnanya ini tidak mudah pudar seiring berjalannya waktu. Bahkan ketika dipakai bertahun-tahun pun warnanya akan bertahan bagus.
  • Meskipun punya warna silver dan berkilauan, namun bahan platidium ini punya sifat anti karat. Sehingga meskipun dipakai dalam air pun, warna naturalnya tidak akan ternodai dengan noda karat.
  • Selain anti karat, permukaan cincin platidium juga sangat tahan benturan. Permukaannya tidak akan jadi rusak dengan luka gores meskipun terbentur atau jatuh.

Inilah yang menjadi salah satu kelebihan utama platidium, sehingga banyak diminati masyarakat modern.

  • Tidak hanya Palladium, cincin platidium ini juga cocok digunakan oleh pria. Bahan cincin ini sudah mengandung anti alergi. Selain itu juga ada jaminan halal untuk dipakai oleh pria muslim. 

Sehingga cincin platidium adalah pilihan cincin tepat dan terbaik untuk para pria yang ingin tetap tampil dengan cincin pasangannya.

  • Jika cincin palladium mudah dibentuk, maka berbeda halnya dengan cincin platidium yang lebih kaku atau tidak mudah dibentuk. Saat terjatuh pun tekstur atau bentuknya akan bertahan dengan bagus tanpa ada resiko bengkok atau sejenisnya.

Penutup Cincin Tunangan Terindah

Berbagai pilihan jenis cincin tunangan terindah di atas, bisa menjadi acuan atau referensi bagi Anda yang akan melangsungkan pertunangan.

Salah satu toko terbaik sebagai pilihan pemesanan cincin ada di Hijaz Moslem Jewelry yang beralamatkan di Jl. Gedongkuning Selatan No.97, Pringgolayan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194
0822-2331-1311.