Jasa Design Rumah

Berbicara mengenai rumah idaman maka pasti yang ada di pikiran anda adalah arsitek. Arsitek kini telah menjamur di masyarakat mulai dari lingkungan terpelosok hingga daerah perkotaan. Jasa yang satu ini sekarang telah menjadi tren di kalangan dewasa yang ingin membangun rumah dengan menggunakan jasa design rumah. Mulai dari arsitek Jakarta hingga jasa design rumah Kediri. Berikut penjabarannya.

Jasa Design Rumah di Indonesia

Arsitek merupakan seseorang yang memiliki ahli dalam bidang rancang bangun atau lingkungan binaan. Biasanya arsitek ini diartikan dalam kondisi yang lebih sempit yaitu sebagai individu yang terlibat dalam sebuah perancangan bangunan. Selain itu juga di sama artikan dengan perencanaan dan konstruksi bangunan.

Pernyataan dalam artian sempit tersebut masih belum tepat, karena lingkup dari arsitektur sendiri cukup luas. Mulai dari desain interior, bangunan, kompleks dari bangunan hingga kawasan kota san regional. Biasanya dalam penerapan profesi seorang arsitek ini ditugaskan sebagai pendamping maupun wakil dari seorang petugas bangunan.

Arsitek di Indonesia sudah mengalami perkembangan. Anda dapat menemukan profesi ini di berbagai wilayah di nusantara. Mulai dari Pulau Jawa hingga Papua. Tidak hanya itu penggunaan jasa design rumah ni juga sudah diaplikasikan di berbagai sektor pembangunan. Mulai dari hunian, perumahan, perusahaan hingga mall-mall besar dengan memakai berbagai jasa arsitek.

Jasa Design Rumah Melalui Arsitek         

Dalam praktiknya seorang ahli merancang bangunan tersebut berperan dalam mendukung suatu urban planning, perencanaan kota, serta perancangan interior suatu bangunan. Selain itu jika anda tertarik terjun dalam bidang arsitek, maka akan memiliki peran untuk melakukan quality survey. Dan untuk mempermudah pembangunan, anda bisa menggunakan Jasa Design Rumah Karya Tukang.

Bahkan dalam jangkauan yang paling luas, seorang arsitek memiliki tugas sebagai tenaga pendidik maupun peneliti. Sesuai dengan fungsinya sebagai pengawas, maka profesi ini tidak dibetulkan jika berperan sebagai pelaksana suatu bangunan. Atau dengan kata lain seorang arsitek tidak diperbolehkan merangkap profesi sebagai kontraktor.

Apa Tanggung Jawab Seorang Arsitek

1. Membuat Konsep Rancang Bangun

Tanggung jawab dari seorang arsitek yang pertama yaitu membuat konsep rancang bangunan. Pada tahap yang satu anda sebagai arsitek harus memastikan seluruh informasi serta data dari klien. Jika terjadi kesalahan pada tahap ini kan berakibat fatal pada proses bangunan di tahap selanjutnya.

Setelah mengumpulkan informasi, langkah selanjutnya yaitu membuat konsep yang matang dan mendiskusikannya kepada klien. Dalam proses pembuatan konsep ini membutuhkan ketelitian serta analisa yang cukup matang. Supaya bangunan yang di impikannya dapat berdiri dengan sempurna.

2. Perancangan

Dari konsep serta analisis tersebut dan disetujui oleh klien, maka tugas seorang arsitek selanjutnya yaitu menuangkan gagasannya dalam sebuah pola dan juga gambar. Selain itu anda juga harus membuat diagram yang menjelaskan terkait aspek fungsional suatu bangunan. Kegiatan tersebut dapat anda percayakan dengan menggunakan Jasa Desain Rumah Karya Tukang.

Dalam proses ini, membutuhkan ketelitian serta kejelian dalam dunia hitung-hitung. Sehingga ilmu matematika dan fisika yang dipelajari pada masa SMA dan kuliah bisa dimanfaatkan. pada tahap ini anda jug akan merangkum ukuran banguan. Mulai dari luas bangunan, waktu bangunan, biaya serta sistem konstruksi yang digunakan.

3. Desain Mewah

Desain yang mewah merupakan harapan bagi setiap klien yang menggunakan jasa desain rumah dari arsitek. Desain ini nantinya akan di tuangkan dalam pengembangan perancangan sebelumnya yaitu dalam bentuk bangunan. Akan tetapi sebelum di tahap itu anda harus merencanakan secara detail. Mulai dari struktur bangunan, bahan yang digunakan, hingga tekanan biaya secara lebih terperinci.

Tahapan ini merupakan bagian akhir sebeleum ternjun langsung di lapangan. Jika di tahap ini sudah disetujui oleh klien, maka anda bisa melanjutkan pada prose pembangunan yang dimulai dari pondasi awal. Sehingga untuk mendapatkan desain yang mewah membutuhkan prose yang cukup lama untuk sampai di tahap pembangunan.

4. Pembuatan Konstruksi

Tanggung jawab yang harus anda pikul di dalam dunia arsitek yaitu menjalankan proses pengadaan untuk melaksanakan konstruksi. Di Tahap ini terdapat dua bagian. Yang pertama tahap penyiapan dokumen dan yang kedua adalah pelelangan. Dua tahap ini sangat berkaitan satu sama lain. Dan untuk mempermudah anda bisa menggunakan Jasa Desain Rumah Karya Tukang.

Pada tahapan pertama, anda akan mengelola gambar desain yang telah dibuat dalam suatu format pelelangan yang menjelaskan pelaksanaan rencana kerja beserta tekniknya. Selain itu juga harus menjelaskan terkait daftar volume atau Bill of Quality dan rencana biaya yang dianggarkan berdasarkan hasil diskusi dan persetujuan klien.

Kemudian pada tahap kedua seorang akan membantu klien dalam menjalankan proses pelelangan. Disini dilakukan bersama klien untuk menghindari adanya miskomunikasi. Selain itu juga menjaga keterbukaan dengan klien agar meningkatkan kepercayaan klien terhadap jasa yang digunakan.

5. Melakukan Pengawasan Secara Berkala

Tahap terakhir yang dilakukan sebagai seorang arsitektur yaitu melakukan pengawasan dalam proses pembangunan di lapangan secara berkala. Biasanya seorang jasa arsitek ini juga akan mengadakan pertemuan yang terbuka secara teratur dengan klien dan juga dengan pelaksana pengawasan terpadu. Biasanya MK ini akan ditunjuk langsung oleh klien.

Biasanya pertemuan resmi namun santai yang dilakukan jasa ini diadakan kurang lebih sekitar sekali dalam dua minggu atau paling sedikit sekali dalam rentang sebulan. Akan tetapi bisa juga dilakukan dalam jangka waktu yang lebih flexibel tergantung kemauan dan jadwal yang disetujui oleh pihak klien dan MK. Dan semua ini dapat dipermudah jika menggunakan Jasa Desain Rumah Karya Tukang.

Jenis Arsitek yang Ada di Indonesia

1. Arsitek Desain

Jenis arsitek model seperti ini yang paling banyak dijumpai di Indonesia. Jasa ini memiliki tugas dalam menyusun desain suatu proyek secara menyeluruh. Walaupun mungkin terlihat gampang karena hanya membuat desain, akan tetapi pada faktanya justru lebih rumit daripada desain pada umumnya. Hal tersebut karena perlu pertimbangan serta perhitungan yang mantap.

2. Arsitek Teknis

Berbeda dengan sebelumnya, arsitek teknis lebih memfokuskan pada fungsi dari sebuah bangunan yang dibuat. Arsitek ataupun jasa ini akan bertanggung jawab untuk memastikan sebuah proyek berhasil atau tidak kalam proses pembangunannya. Sehingga tugas yang satu ini lebih banyak ditemukan pada proyek dengan bangunan yang besar.

3. Manajer Proyek

Jenis arsitek selanjutnya yaitu manajer proyek yang memiliki tugas dalam mengembangkan perencanaan kerja derta melakukan koordinasi dengan berbagai tim lainnya. untuk bisa menduduki jabatan yang yang satu ini, diperlukan ilmu pengetahuan yang memadai terkait proses arsitektur, problem solving, komunikasi, dan juga leadership yang tegas.

4. Desain Interior

Desain interior dapat ditemukan di berbagai jasa di seluruh indonesia. Salah satunya Jasa Desain Rumah Karya Tukang. Tugas yang dibutuhkan lebih pada estetika. Mulai dari pembuatan cara peletakan dinding yang pas, pemilihan bahan almari, pintu dan masih banyak yang lain. Semua dipertimbangakan, namun tetap harus berdasarkan persetujuan dan keinginan dari si klien.

Cukup sampai disini penjelasan singkat seputar dunia arsitek yang ada di indonesia. Bagi Anda yang ingin membangun atau merancang rumah idaman, tidak ada salahnya jika menggunakan jasa desain rumah melalui arsitektur, karena Anda akan diberikan banyak sekali keuntungan. Mulai dari mempermudah proses pembangunan hingga hasil yang memuaskan dan nyaman.