Jual Mesin CNC Terbaik

Industri manufaktur menjadi salah satu lahan bisnis yang keuntungannya sangat menggiurkan. Akan tetapi modal yang diperlukan untuk mendirikan perusahaan ini tidaklah kecil. Terlebih Anda harus membeli mesin di jual mesin CNC untuk meningkatkan produktivitas.

Dibandingkan dengan penambahan tenaga untuk pengoperasian, pemilik industri manufaktur lebih mementingkan kualitas produk yang dihasilkan serta efisiensi. Hal tersebut bisa tercapai jika perusahaan tersebut menggunakan mesin CNC yang hasil kerjanya lebih cepat dan maksimal.

6 Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Mesin di Jual mesin CNC

Bukan rahasia lagi jika harga beli mesin dengan sistem komputerisasi ini cukup tinggi. Hal tersebut sangat sepadan dengan kinerja yang diberikan dimana jumlah produk yang dihasilkan bisa berkali-kali lipat jumlahnya bila dibandingkan dengan penggunaan mesin biasa.

jual mesin cnc

Dengan mengaplikasikan mesin ini, Anda bisa menghasilkan produk dengan desain yang beragam dan sesuai dengan keinginan konsumen. Sistem kerjanya tak mengenal lelah serta pengoperasiannya mudah melalui program yang terdapat dalam komputer.

Tipe dari mesin CNC ini pun beragam. Berdasarkan pada sistem cuttingnya, mesin CNC dibagi menjadi dua yaitu mesin dengan sistem cutting plasma dan mesin dengan sistem cutting plasma serta gas. Ada juga mesin CNC Router yang kerap diaplikasikan pada material berbahan kayu serta akrilik.

Untuk menghemat budget, ada baiknya Anda memilih jenis mesin yang sesuai dengan jenis usaha manufaktur yang Anda kelola. Berikut ini adalah beberapa tips memilih mesin CNC di tempat jual mesin CNC. Diantaranya:

1.     Kinerja Mesin

Salah satu kegunaan dari mesin CNC yang ada di tempat jual mesin CNC adalah untuk memotong material yang dipakai sebagai bahan dasar produksi. Sebaiknya Anda memilih mesin yang kinerjanya melebihi target maksimum yang pernah perusahaan produksi sebelumnya.

Misalnya saja jika Anda ingin membeli mesin CNC Plasma Cutting. Maka pilih tipe mesin yang bisa memotong material yang lebih besar dan tebal dari yang pernah dilakukan oleh mesin yang lama. Dengan begitu kinerjanya akan terasa lebih baik dan Anda tidak akan merasa rugi sama sekali.

2.     Bobot Mesin

Bentuk dari mesin CNC cukup beragam. Ada yang mesinnya cukup besar, tapi ada juga yang kecil. Pada dasarnya mesin CNC memiliki bentuk yang ramping sehingga tidak memakan banyak tempat.

Material yang dipakai untuk pembuatan mesin pun bervariasi, mulai dari polimer, besi, dan alumunium. Mesin CNC berbahan besi bobotnya lebih berat dan jenis mesin ini cocok digunakan untuk kegiatan produksi skala besar yang kinerjanya cukup padat.

Sementara mesin CNC berbahan dasar alumunium dan polimer beratnya lebih ringan. Mesin CNC jenis ini cocok dipakai untuk produksi skala kecil. Namun bila Anda mencari mesin CNC yang awet, mesin dengan bahan dasar besi lebih direkomendasikan.

3.     Konsumsi Daya

Mesin ini tidak dioperasikan secara manual melainkan melalui program komputer. Jadi sudah pasti daya yang diperlukan akan jauh lebih besar. Saat membeli sebaiknya pastikan mesin tersebut memiliki konsumsi daya yang cukup rendah.

Sangat disarankan untuk menambah kapasitas daya jika ingin menggunakan mesin CNC. Tujuannya agar kerja mesin lebih optimal dan meminimalisir masalah saat pengoperasian mesin dalam waktu yang lama.

4.     Kecepatan Mesin

Salah satu hal yang menjadi alasan pemakaian mesin CNC untuk industri manufaktur adalah untuk meningkatkan jumlah produk yang bisa dihasilkan per harinya. Mesin CNC dikenal mempunyai kecepatan kerja yang maksimal.

Saat memilih mesin CNC, pilih jenis mesin yang kerjanya sangat cepat sehingga produk yang dihasilkan akan semakin banyak. Hal tersebut juga akan berdampak pula pada pendapatan yang diperoleh perusahaan nantinya.

5.     Suku Cadang

Hampir sebagian besar mesin CNC yang dijual di Indonesia adalah buatan luar negeri. Memang produk asing memiliki harga yang lebih rendah dan tampilan yang baik. Akan tetapi untuk urusan spare part dan penanganan kerusakan, ongkos yang dikeluarkan cukup mahal.

Sebab itulah sangat disarankan untuk membeli mesin CNC buatan dalam negeri. Selain suku cadangnya bisa dengan mudah didapatkan Apabila terjadi kerusakan pun bisa dengan cepat ditangani karena kantor pusat atau cabangnya tersebar di beberapa kota.

Tak hanya saat mengalami kerusakan saja Anda harus melakukan penggantian spare part. Ada beberapa bagian mesin yang harus diganti secara berkala misalnya seperti oli. Jadi pastikan suku cadang mesin yang ada pada jual mesin CNC gampang dicari untuk memudahkan perawatan..

6.     Memilih Produsen yang Berpengalaman

Merk dari mesin CNC sangat beragam. Sebaiknya Anda membeli mesin dari produsen yang sudah berpengalaman dan produknya cukup terkenal. Biasanya merk mesin CNC yang sudah dikenal luas, kualitasnya sudah tak diragukan lagi.

Jangan lupa tanyakan berapa lama garansi yang diberikan. Mengecek lamanya garansi sangat penting agar ketika mesin mengalami masalah dan masih dalam masa garansi, Anda bisa mendapatkan penggantian. Entah itu perbaikan pada suku cadang atau diganti dengan mesin CNC yang baru.

Kenali Sistem Kerja Mesin CNC di Tempat Jual Mesin CNC

Mengapa dengan menggunakan mesin CNC, produksi bisa meningkat berkali-kali lipat jumlahnya? Jawabannya ada pada sistem kerjanya yang tak rumit dan cepat. Mesin ini dioperasikan melalui komputer dan secara otomatis mesin akan bekerja sesuai dengan apa yang diperintahkan pada program.

Jika Anda penasaran mengenai bagaimana cara kerja mesin CNC, simak ulasan ringkasnya berikut ini.

Menentukan Layout

Terlebih dahulu Anda harus membuat desain untuk diaplikasikan pada material. Desain tersebut bisa berupa ornamen ataupun model potongan. Setelah desain dibuat, kemudian file tersebut ditransfer ke dalam komputer dan kemudian diolah menggunakan software misalnya seperti CorelDraw.

Langkah selanjutnya adalah menentukan layout atau lembar kerja. Pastikan desain yang Anda buat sudah sesuai dengan lembar kerja agar hasilnya sama persis dengan rancangan yang dibuat.

Mencetak Bahan

Usai file desain diolah menggunakan software bawaan CNC. Kemudian lanjut ke proses pencetakan bahan. Pada tahapan ini mesin akan bekerja sesuai dengan rancangan yang terdapat dalam komputer. Tak perlu melakukan pengawasan, hasil cetakan akan sesuai dengan desain dan sangat detail.

Pencetakan bahan dengan menggunakan mesin ini bisa mencapai ratusan hingga ribuan untuk satu desain saja. Jika Anda ingin membuat produk dengan ornamen lainnya, tinggal lakukan setting ulang dan mesin akan bekerja sesuai dengan perintah yang dibuat.

Adapun jenis bahan yang bisa dicetak oleh mesin CNC diantaranya seperti plat baja, kayu, akrilik, PVC, dan lain sebagainya.

Cek Produk

Meskipun kemungkinan terjadi error sangat kecil, ada baiknya Anda tetap melakukan pengecekan. Dikhawatirkan jika mesin mengalami masalah seperti konsleting, produk yang dihasilkan akan mengalami cacat. Jika sudah begini maka produksi sebaiknya dihentikan agar tidak menderita kerugian.

Apabila proses pengecekan sudah selesai dan produk dipastikan sesuai dengan desain serta memiliki kualitas yang baik. Selanjutnya Anda tinggal jual kepasaran.

Beli produk di tempat jual mesin CNC akan memberikan banyak keuntungan kepada Anda. Mulai dari jumlah produksi yang meningkat hingga efisiensi biaya. Sebab itulah jika ingin perusahaan manufaktur yang Anda kelola berkembang pesat, jangan ragu untuk menggunakan mesin CNC yang berkualitas tinggi.